Berita

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kepulauan Riau Gelar Workshop Pegiat Literasi, Erman Zaruddin Jadi Narasumber

Rabu, 29 November 2023 15:28 WIB
  • Share this on:

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kepulauan Riau Gelar Workshop Pegiat Literasi, Erman Zaruddin Jadi Narasumber

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menjadi narasumber dalam kegiatan workshop pegiat literasi yang disejalankan dengan pengukuhan pengurus daerah Ikatan Pustakawan Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau Periode 2023 – 2026. Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu, 29 Nopember 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Hendri Andrianto mengatakan dalam rangka upaya pembudayaan kegemaran membaca dan peningkatan kapasitas pegiat literasi di Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau menggelar Kegiatan “Workshop Pegiat Literasi yang disejalankan dengan pengukuhan pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau Periode 2023-2026”.

Kepada pustakawan di Kepulauan Riau, dia berpesan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelaborasi literasi terutama literasi digital di Kepulauan Riau.

“Dalam mengelaborasi literasi digital diperlukan kolaborasi dengan semua pihak sehingga tingkat literasi di Kepulauan Riau semakin baik. Kami menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Ikatan Pustakwan Kepulauan Riau yang telah demisioner dengan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama ini,” kata Kepala Dinas.

Dengan terbentuknya Ikatan Pustakawan Kepulauan Riau, dia berharap agar Dinas Perpustakaan dan Arsip di Kabupaten/Kota untuk segera membentuk organisasi yang sama. Dia menilai workshop literasi sebagai bentuk pembinaan kepada penggiat literasi. Kegiatan melibatkan karang taruna di provinsi Kepulauan Riau, pengelola pustaka di sekolah se Kepulauan Riau, dan utusan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota se Kepri.

Di lokasi yang sama, Tengku Syamsul Bahri, sebagai Ketua Pustakawan Indonesia Pusat meminta para pustakawan wajib melek digitalisasi. Perkembangan media sosial menjadi tantangan dan peluang dalam memberikan pelayanan kepustakaan kepada masyarakat.

“Literasi digital menjadi barang baru yang diminati masyarakat terutama generasi milenial, maka pustakawan wajib peduli dengan perkembangan literasi digital yang bergerak dengan sangat cepat. Pustakawan harus menguasai, mengisi ruang digital agar ruang digital berisi konten literasi yang positif dan membangun, bukan sebaliknya,” ucap Tengku Syamsul Bahri.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin sebagai narasumber mengatakan transformasi digital menjadi keniscayaan yang harus dihadapi dengan kematangan literasi yang baik. Menurutnya kemampuan membaca merupakan kemampuan literasi pertama kali yang harus dikuasai. Namun begitu, bukan tanpa kendala mengingat minat baca masyarakat masih rendah.

Erman Zaruddin merupakan salah satu tokoh penggerak literasi nasional tahun 2023 oleh Media Guru Indonesia di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik