Berita

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata – Kemenag Bintan Sepakati Kerja Sama Sertifikasi Halal

Selasa, 27 Agustus 2024 15:12 WIB
  • Share this on:

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata – Kemenag Bintan Sepakati Kerja Sama Sertifikasi Halal

Kemenag Bintan (Humas) – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sepakat menjalin kerja sama sertifikasi halal bagi pelaku ekonomi kreatif Di Kabupaten Bintan. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Bintan Buyu, Selasa, 27 Agustus 2024.

Bentuk kerja sama sebagaimana disebutkan dalam perjanjian kerja sama tersebut dimulai dari fasilitasi sosialisasi sertifikasi halal kepada 40 pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan. Tujuan perjanjian kerja sama adalah untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam rangka meningkatkan pendaftaran sertifikasi halal.

Dengan adanya perjanjian kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan. Obyeknya meliputi pelaksanaan Pengembangan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif melalui berbagai bentuk sosialisasi sertifikasi.

Dalam pelaksanaan kesepakatan bersama itu akan dibentuk tim yang terdiri dari wakil-wakil dari masing-masing instansi untuk membahas setiap kegiatan yang disepakati yang kemudian dijabarkan dan dituangkan dalam suatu perjanjian pelaksanaan tersendiri.

Efektivitas perjanjian kerja sama tersebut akan dievaluasi setiap tahun dan evaluasi akhir yang menyeluruh secara sistematik dan berkesinambungan. Disbudpar Kabupaten Bintan berdasarkan perikatan tersebut akan memfasilitas pembiayaan penyelenggaraan sosialisasi sertifikasi halal sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku, menyiapkan sarana dan prasarana terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi sertifikasi halal. Sedangkan Kantor Kemenag Bintan berkewajiban untuk memberikan materi sosialisasi dan pembinaan serta menerbitkan sertifikat halal bagi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik