Berita

Darussilmi Goro Bersihkan Saranan Ibadah, Perkantoran dan Sarana Publik

Kamis, 2 November 2023 13:39 WIB
  • Share this on:

Darussilmi Goro Bersihkan Saranan Ibadah, Perkantoran dan Sarana Publik

Kemenag Bintan (Humas)--- Pondok Pesantren Darussilmi tidak saja menggelar kegiatan internal atau di dalam lingkungan pondok pesantren, namun juga kegiatan untuk masyarakat sekitar. Salah satunya adalah melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan di wilayah Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Kegiatan goro ini dilaksanakan pada Sabtu (28/10/2023) di beberapa tempat dan kawasan, mulai dari sekitaran pondok pesantren seperti lingkungan perumahan, perkantoran, tempat ibadah dan sarana publik yang berada di Kecamatan Toapaya, Bintan.

Diantaranya yang sudah dibersihkan adalah Masjid Al Falah, Masjid Nurul Hasanah, Masjid Darussalam, Surau Al Hidayah, kantor Kecamatan Toapaya, Kantor Kemenag Kabupaten Bintan, GOR Toapaya, jalan masuk Toapaya Asri dan tempat umum lainnya.

Sebanyak 262 santri putra dan 20 dewan pengurus Pondok Pesantren Darussilmi dikerahkan untuk melaksanakan aksi bersih-bersih ini. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.30 Wib hingga selesai.

Ustadz Imran Abu Shafwan mengatakan, kegiatan goro ini dilaksanakan sekali dalam dua bulan dengan sasaran tempat-tempat umum, tempat ibadah dan perkantoran yang ada di Kabupaten Bintan.

Ke depan program yang bermanfaat bagi masyarakat ini terus dilakukan Darussilmi di berbagai tempat lainnya yang belum dilakukan goro seperti Kantor Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan dan beberapa tempat ibadah.

‘’Selain bermanfaat bagi masyarakat, goro tersebut juga bermanfaat bagi santri. Lewat program goro ini, Darussilmi ingin membentuk karakter para santrinya menjadi makhluk sosial yang memiliki kepekaan pada masyarakat seperti kepedulian pada kebersihan,’’ ujar Ustadz Imran.

Program goro yang digelar Darussilmi ini mendapat sambutan yang postif dari Camat Toapaya, Ivan Golar Riady, dan Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin. Begitu mendapat laporan sedang dilakukan goro oleh para santri putra dan pengurus Pondok Pesantren Darussilmi, Camat Toapaya langsung memerintahkan stafnya untuk terjun ke lapangan, namun keburu sudah selesai.

‘’Alhamdulillah ada program goro yang digelar Darussilmi ini. Kami sangat support sekali dan mudah-mudahan Darussilmi dan pihak Kecamatan Toapaya bisa bersama-sama melakukan goro bersamaaan nantinya,’’ ujar Ivan Golar Riady.

Ia mengatakan, kegiatan Darussilmi tersebut menghidupkan kembali kegiatan goro di tengah masyarakat. Selain itu, sejalan dengan program pemerintah untuk menciptakan lingkungan bersih dan masyarakat yang sehat.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin. Katanya, pihak pemerintah dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya program goro Darussilmi tersebut. Dia juga berharap program goro tersebut terus dilaksanakan ke depannya di tempat ibadah dan tempat umum lainnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik