Berita

Bisa Lulus Kelas 12, Santri Harus Buat Dua Karya Tulis Bilingual, Indonesia – Arab

Rabu, 7 Pebruari 2024 14:58 WIB
  • Share this on:

Bisa Lulus Kelas 12, Santri Harus Buat Dua Karya Tulis Bilingual, Indonesia – Arab

Kemenag Bintan (Humas)– Menjelang kelulusan yang tinggal sebentar lagi, seluruh santri kelas 12 (Aliyah) Pondok Pesantren Darussilmi saat ini disibukan menyelesaikan tugas akhir membuat karya tulis.

Santri laki-laki dan santri perempuan diwajibkan membuat dua karya tulis dalam dua bahasa (bilingual) yakni bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Penulisan juga menggunakan dua cara yaitu dengan tulisan tangan dan tulisan dengan menggunakan ketikan komputer.

Penugasan membuat karya tulis ini sudah dilaksanakan siswa-siswi sejak 5 hari lalu. Tema tulisan diberikan kebebasan untuk santri untuk menentukan.

‘’Hari ini semua tulisan dikumpulkan dan dilakukan pengecekan serta evaluasi terhadap karya tulis yang ditulis tangan,’’ ujar Ustadz Imran Abdurrosyid, Pimpinan Ponpes Darussilmi yang terjun langsung dalam kegiatan tersebut, Selasa (6/2/2024).

Kepada media ini, Ustadz Imran Abdurrosyid lebih jauh menjelaskan beberapa persyaratan kelulusan santri kelas 12 Darussilmi. Selain karya tulis, santri kelas 12 juga melaksanakan praktik mengajar (amaliyayatu al tadris), pidato 2 bahasa yaitu Arab-Indonesia atau Inggris-Indonesia, persyaratan akademis seperti ujian tertulis dan ujian lisan.

Berikut norma dan ketentuan kelulusan Madrasah Alyah Darussilmi Bintan yang harus dipenuhi santri. Antara lain santri harus menyelesaikan semua program pembelajaran, mengikuti semua ujian Pondok Pesantren dengan baik, mengikuti ujian madrasah dengan baik, menyelesaikan hafalan Al Quran 20 juz yang dibuktikan dengan mendapatkan sertifikat atau surat keterangan.

Santri kelas 12 juga harus lulus ujian tahfidz Al Quran, lulus ujian baca Al Quran, lulus ujian hafalan hadits, lulus ujian baca kitab gundul, lulus ujian nasional, dan menyetorkan hafalan 1 mutun.

‘’Semoga semua santri Darussilmi bisa menyesaikan semua ujian dan semua persyaratan kelulusan yang sudah ditetapkan,’’ harap Ustadz Imran.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
Darussilmi

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik