Berita

Bimtek Service Excellent, Helga Tegaskan Pelayanan adalah Tanggungjawab Semua

Selasa, 3 September 2024 12:42 WIB
  • Share this on:

Bimtek Service Excellent, Helga Tegaskan Pelayanan adalah Tanggungjawab Semua

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sukses menggelar bimbingan teknis service excellent bagi seluruh ASN. Kegiatan digelar di aula Kantor Kemenag Bintan, Jumat, 30 Agustus 2024 yang lalu.

Tak tanggung-tanggung narasumber yang dihadirkan adalah Service Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tanjungpinang, Helga Marina Putri. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, pengawas madrasah, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri di Bintan, sejumlah guru madrasah dan seluruh ASN Kemenag Bintan. Hadir pula Branch Manager BSI Bintan Center, Yan Fakhrizal dan jajarannya.

Agar tetap menjadi catatan, kami sajikan penjelasan Helga Marina Putri sebagai narasumber untuk anda.

Helga menjelaskan prinsip utama dalam menyelenggarakan pelayanan adalah adanya attitude berupa sikap yang benar sebagai badan publik yang berkewajiban dalam memberikan pelayanan, tanpa korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Kita harus memberikan attention berupa perhatian yang tulus dan tidak terbagi, karena secara naluriah pelanggan akan mencari action dan tindakan kita sebagai pemberi layanan,” pesannya.

Seperti apa Pelanggan atau masyarakat ingin dilayani? Helga mengutipnya dari Winston Churchill yang mengatakan attitude is a little thing that makes a big difference. Dengan attitude yang benar, sesuatu yang kecil akan bermakna dan berdampak besar.

Ada tiga paradigma yang perlu terus dikembangkan dalam menyelenggarakan pelayanan. Pelayanan bukan semata-mata untuk menuntaskan pekerjaan atau menggugurkan kewajiban, pelayanan perlu distandarisasi dan pemberi layanan terutama petugas front office wajib memiliki keahlian Komunikasi yang memadai.

Helga menyampaikan sejumlah dasar penting dalam menyelenggarakan pelayanan. Salah satunya adalah hadist Rasulullah Saw yang bermakna “Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat,”. (HR Muslim).

“Alam Loy Mc Gins menyebutkan there’s no noble occupation in the world than to assist another human being, yang maknanya tidak ada pekerjaan yang lebih mulia di dunia ini selain melayani orang lain,” ucapnya memberikan motivasi.

Dari dasar itu, Helga menyebutkan tiga basic service concept, yaitu membantu dan menolong, memenuhi kebutuhan pengguna layanan, dan melampaui harapan pengguna layanan.

Service is everyone’s responsibility! Pelayanan menjadi tanggung jawab semua, ingat itu!”, pesannya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik