Berita

Apel Pagi, Kasubbag Tata Usaha Minta Jajarannya Selesaikan LKj Tepat Waktu

Senin, 8 Juli 2024 13:16 WIB
  • Share this on:

Apel Pagi, Kasubbag Tata Usaha Minta Jajarannya Selesaikan LKj Tepat Waktu

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Bintan, H. Syahjohan memimpin apel pagi, Senin, 8 Juli 2024 di halaman Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk.

Ada sejumlah pesan yang disampaikannya, antara lain.

Pertama, pelaporan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). SKP triwulan II 2024 sudah memasuki waktu pelaporan. Untuk itu dia meminta pelaporan SKP 2024 triwulan II disampaikan melalui aplikasi e-kinerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dia meminta agar tidak ada keterlambatan penyampaian laporan yang didukung dengan bukti dukung yang mamadai.

Kedua, penyampaian Laporan Kinerja (LKj). Laporan Kinerja (LKj) adalah ikhtisar yang menjelaskan secara ringkas dan lengkap tentang capaian kinerja yang disusun berdasarkan rencana kerja yang ditetapkan dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) (ketentuan Pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah jo. Pasal 1 angka 11 Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

LKj berisi ringkasan tentang keluaran dari kegiatan dan hasil yang dicapai dari program, yang paling sedikit mencakup pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, realisasi pencapaian target kinerja organisasi, penjelasan yang memadai atas pencapaian kinerja dan pembandingan capaian kinerja kegiatan dan program sampai dengan tahun berjalan dengan target kinerja 5 (lima) tahunan yang direncanakan dalam Rencana Strategis organisasi.

Ketiga, Lebaran Yatim. Sesuai Surat Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, keluarga besar Kemenag akan menyelenggarakan Lebaran Yatim. Dikutip dari berbagai sumber Idul Yatama atau dikenal sebagai Lebaran Anak Yatim biasa diperingati pada tanggal 10 Muharam. Hari Raya Yatama ini merupakan tradisi masyarakat Indonesia dalam rangka Tahun Baru Islam, yang diperingati pada tanggal 1 Muharam.

Menghimpun informasi dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Idul Yatama atau Hari Raya Yatama atau Lebaran Anak Yatim diperingati pada Hari Asyura (Ashura). Tepatnya setiap tanggal 10 Muharam.

Seputar Tradisi Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim

Menurut catatan redaksi detikcom, Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim adalah momen yang terbentuk karena kebiasaan atau tradisi masyarakat sejak dulu kala yang kerap menyantuni anak yatim pada setiap tanggal 10 Muharam. Tradisi ini biasa dirayakan masyarakat di Indonesia.

Itulah mengapa perayaan tanggal 10 Muharam biasa disebut sebagai Lebaran Anak Yatim atau Hari Raya Yatama. Meski begitu, masih belum diketahui pasti sejarah terbentuknya tradisi yang hingga kini masih kerap dirayakan di kalangan masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Tradisi perayaan Lebaran Anak Yatim di beberapa daerah di Indonesia juga biasa diisi dengan berbagai macam kegiatan. Kini berbagai kegiatan perayaan Idul Yatama sudah banyak dikoordinasi kepada pengurus yayasan, masjid ataupun majelis taklim, begitu pula lembaga-lembaga lainnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik