Berita

Ada Program Tasmi Al Quran untuk Hafalan di Atas 10 Juz

Rabu, 1 November 2023 15:56 WIB
  • Share this on:

Ada Program Tasmi Al Quran untuk Hafalan di Atas 10 Juz

Kemenag Bintan (Humas)-- Satu lagi program rutin yang digelar Pondok Pesantren Darussilmi Bintan Kepulauan Riau dalam meningkatkan kualitas pendidikan santriwan dan santriwatinya. Program ini terkait dengan hafalan Al Quran dan disebut tasmi Al Quran.

Program tasmi Al Quran dibagi dalam hafalan 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz dan 30 juz sekali duduk. Program ini ditujukan bagi para santri yang sudah memiliki hafalan di atas 10 juz. Untuk santri yang memiliki hafalan 10 juz maka ia wajib untuk menyetorkan hafalan mereka dengan sistem tasmi 5 juz sekali duduk.

‘’Sedangkan bagi santri yang sudah memiliki hafalan 20 juz maka dia harus mengikuti program 10 juz sekali duduk. Demikian seterusnya ,’’ kata Ustadz Imran Abu Shafwan.

Kegiatan tasmi 5 juz dan 10 juz sekali duduk adalah kegiatan wajib diikuti oleh seluruh santriwan santriwati Pondok Pesantren Darussilmi.

Kegiatan ini dilaksanakan di masjid atau di aula disaksikan oleh dewan penguji dan kedua orang tua santri. Sebelum tasmi dilaksanakan, kedua orangtua santri diberitahukan dan diundang datang ke pondok pesantren agar bisa menyaksikan anaknya menyetorkan hafalan Al Quran.

‘’Setiap santri yang berhasil mengikuti program ini mendapatkan apresiasi dari pondok pesantren berupa diberikan liburan selama 2 hari 2 malam di rumahnya masing-masing,’’ ujar Ustadz Imran.

Lebih jauh Ustadz Imran Abu Shafwan menjelaskan, kegiatan ini memiliki tujuan untuk membiasakan santri senantiasa muroja’ah dan me-mutqin-kan hafalan Al Quran mereka.

‘’Jadi santri bukan hanya menggafal saja, tapi bagaimana mereka senantiasa menjaga hafalan dengan cara senantiasa muroja’ah sampai hafalan tersebut lebih mutqin,’’ tutup Ustadz Imran.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Darussilmi
Penulis:
penulis

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik