Berita

137 Santri TPQ Kecamatan Teluk Bintan Ikuti Munaqosah

Senin, 4 Maret 2024 13:21 WIB
  • Share this on:

137 Santri TPQ Kecamatan Teluk Bintan Ikuti Munaqosah

Kemenag Bintan (Humas) – Sejumlah Penyuluh Agama Islam Kecamatan Teluk Bintan menjadi penguji pada kegiatan munaqosah kecamatan Teluk Bintan yang diikuti oleh 137 santri. Kegiatan dilaksanakan belum lama ini dengan menggunakan empat titik lokasi

Pada kegiatan pembukaan pada 29 Februari 2024 dilaksanakan di Masjid Darussalam Desa Bintan Buyu. Pada titik kedua dilaksanakan di Desa Penaga dan di titik ketiga di Kelurahan Tembeling Tanjung. Kegiatan ditutup dititik keempat di Pulau Pangkil.

Kegiatan dihadiri oleh Kasi Kessos Kecamatan Teluk Bintan yang ikut memantau pelaksanaan kegiatan.

Ketua FKPQ Kecamatan Teluk Bintan, Zainal Arifin mengatakan munaqosah merupakan penilaian terakhir bagi santri selama melaksanakan kegiatan akademik di TPQ. Kegiatan ini meliputi proses ujian bagi santri untuk dapat dinyatakan lulus.

Kali ini serangkaian tes yang dilakukan antara lain baca Al-Qur'an yang diujikan oleh Kyai Nukman, tes hafalan surat pendek yang diuji oleh Kyai Farhan, tes hafalan doa-doa harian yang diujikan oleh Kyai Anwar, tes praktek salat subuh oleh Kyai Zainal Arifin dan tes imla oleh Kyai Bawadi.

Sementara itu, Kyai Farhan Almujahid mengatakan munaqosah ini dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk evaluasi pembelajaran di TPQ. Dan setelah dinyatakan lulus selanjutnya mengikuti wisuda, sertifikat munaqosah ini sebagai persyaratan masuk di jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Miluk Latifah
Penulis:
Miluk Latifah

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik